Pages

Selasa, 19 April 2011

WANITA = TULANG RUSUK???


Pernah dengar kalimat “bahwa sesungguhnya wanita tercipta dari tulang rusuk laki-laki”?
Kalimat diatas adalah potongan dari hadits. Tapi Jangan diartikan harfiyah ya... Buktinya tulang rusuk laki-laki masih seimbang kanan dan kirinya. Maksud kalimat tersebut adalah menggambarkan sifat wanita yang bengkok seperti tulang rusuk. Jika diluruskan secara frontal, pasti ia akan patah.
             Hadits tersebut lebih mengacu kepada bagaimana menasihati wanita ketika ia tidak stabil, biarkanlah ia pada alurnya lalu ubah secara perlahan. Inilah wanita, sang makhluk sensitif namun memiliki kekuatan yang sangat besar. Bahkan yang terlihat sebagai wujud kelemahannya malah itulah sebenarnya kekuatan terbesar wanita.
             Anugerah luar biasa telah Allah berikan kepada wanita. Sensitif, terlihat dari begitu mudahnya pipi wanita dibasahi air mata. Namun air mata itu pula kekuatannya. Saat hatinya sedih ataupun terluka, air mata menguatkan hatinya.
             Kembali ke persoalan tulang rusuk. Hmm.. Ini dia. Wanita memang seperti tulang rusuk yang kuat. Melindungi organ-organg penting yang ada di dalamnya seperti jantung dan paru-paru. Yap. Wanita-isteri- yang menjadi tempat berkeluh kesah sekaligus penawar rasa lelah saat suami tiba di rumah dari pekerjaannya mencari nafkah. Wanita jua-ibu- yang menjadi sandaran sang anak. Tanpa pamrih mengandung, menyusui, dan membesarkannya. Bahu yang nyaman bagi seorang bayi untuk terlelap, pelukan hangat menyambut anank-anak dan suami penuh kerinduan.
             Islam mengangkat derajat wanita. Kedudukan manusia adalah sama di hadapan Allah. Yang membedakan hanyalaha ketakwaannya. Sebagaimana firman Allah Q.S. al-Hujurat : 13,
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
             Wanita adalah tulang rusuk. Benar!
                Jadi, wahai manusia, masihkah kau sepelekan wanita? Atau bagi sahabat pembaca yang merasa hadirnya dirimu sangat penting seperti jantung dan paru-paru? Ingat, pasti ada tulang rusuk yang melindungimu. Biarlah tulang rusukmu itu bengkok, karena bengkoknya untuk melindungi organ terpenting dalam kehidupan. Biarkan wanita menangis, karena itulah senjatanya untuk menghadapi tekanan. Keep smile ladies........ =)

0 komentar:

Posting Komentar